Pengguna WhatsApp Sudah Bisa Sembunyikan Alamat IP Saat Menelepon

Nov 10, 2023

WhatsApp meluncurkan fitur privasi baru yang dapat membantu pengguna Android dan iOS menyembunyikan alamat IP (Internet Protocol) dari siapapun yang mereka hubungi dengan menggunakan platform ini.

Untuk diketahui, mengetahui alamat IP seseorang dapat mengungkap banyak informasi pribadi seperti lokasi bahkan layanan internet yang sedang digunakan, sehingga fitur ini tentu akan sangat bermanfaat dalam menjaga privasi pengguna.

"Fitur baru ini memberikan lapisan privasi dan keamanan tambahan yang ditujukan untuk pengguna kami yang paling sadar akan privasi," tulis WhatsApp dalam sebuah postingan blog yang dikutip ITT dari Engadget.

WhatsApp saat ini me-relay panggilan baik melalui servernya sendiri atau dengan membuat koneksi langsung yang disebut peer-to-peer (P2) dengan siapa pun yang dihubungi pengguna, tergantung pada kondisi jaringan.

Panggilan peer-to-peer sering kali memberikan kualitas suara yang lebih baik, tetapi mengharuskan kedua perangkat untuk saling mengetahui alamat IP masing-masing.

Setelah pengguna mengaktifkan fitur yang dinamai "Lindungi alamat IP dalam panggilan", WhatsApp akan selalu meneruskan panggilan melalui servernya sendiri dibandingkan membuat koneksi peer-to-peer, meskipun hal ini akan mengurangi kualitas suara.

WhatsApp mengatakan bahwa semua panggilan akan tetap terenkripsi secara end-to-end, meskipun melalui server WhatsApp.

WhatsApp telah menambahkan lebih banyak fitur privasi selama beberapa bulan terakhir. Pada bulan Juni lalu, mereka menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membungkam penelepon yang tidak dikenal secara otomatis.

WhatsApp juga memperkenalkan 'Pemeriksaan Privasi' untuk memungkinkan pengguna menyesuaikan sejumlah pengaturan privasi dari satu tempat di aplikasi. Selain itu, awal tahun ini platform milik Meta ini menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna mengunci obrolan tertentu dengan sidik jari atau pengenalan wajah.