Oppo Pamer Sistem Kamera Hasselblad Baru untuk Find X7

Nov 10, 2023

Oppo memamerkan sistem kamera Hasselblad HyperTone yang bakal dipakai di Find X7 series di forum fotografi tahunan mereka.

Selain di Find X7 series, sistem kamera baru ini juga akan dipakai di Reno 11 series dan OnePlus 12. Dalam forum tersebut Oppo membicarakan pengembangan HyperTone Image Engine, yang menggunakan fotografi komputasional untuk mengatasi masalah distorsi dan berbagai masalah yang lazim muncul di fotografi mobile.

Lalu HyperTone Image Engine pun dijanjikan punya penghilang noise berbasis AI yang berfungsi di format RAW. Ada juga koreksi kecerahan pixel menggunakan teknologi photon matrix.

Oppo mengklaim image engine baru ini bisa meningkatkan kejernihan gambar hingga 30% sembari mengurangi noise gambar sebesar 60%. Pemrosesan gambar ini juga punya fitur mapping control dan image fusion dengan digital negatives.

Find X7 series dijanjikan akan menjadi HP dengan lensa zoom paling kuat dan punya kemampuan luar biasa di kondisi kurang cahaya, demikian dikutip ITT dari GSM Arena, Jumat (10/11/2023).

Sebelumnya Oppo juga memastikan kalau HP flagshipnya ini akan memakai chipset terbaru dari MediaTek, yaitu Dimensity 9300, yang juga baru dirilis.

Dimensity 9300 dibuat menggunakan pemrosesan 4nm+ TSMC, dan punya konfigurasi core yang unik. Yaitu delapan core kencang tanpa core hemat daya.

Chipset ini menggunakan satu core Cortex-X4 utama dengan kecepatan 3,25GHz, tiga core Cortex-X4 dengan kecepatan 2,85GHz, dan empat core Cortex-A720 dengan kecepatan 2.,0GHz yang semuanya berdasarkan arsitektur Armv9.

MediaTek mengklaim Dimensity 9300 menawarkan performa puncak yang 40% lebih kencang dibandingkan Dimensity 9200 yang rilus tahun lalu, tapi menggunakan daya 33% lebih sedikit.