Kata Siapa Orang Diet Tak Boleh Makan Nasi? Boleh Kok, tapi Ini Catatan Ade Rai

Nov 10, 2023

Seorang wanita di Jakarta viral setelah membagikan kisahnya berhasil memangkas berat badan sebanyak 31 kg, dari yang awalnya 107 kg menjadi 76 kg. Sembari diet itu ia jalani sejak Januari 2023, ia tetap rutin memakan nasi putih. Bukankah bagi banyak orang, nasi putih adalah 'musuh' diet lantaran gampang bikin gendut?.

Wanita tersebut adalah Mumpuni Diyah Islamey (33) atau akrab disapa Amey. Sembari tetap memakan nasi putih, Amey selalu memperhatikan porsi serta waktu makannya. Tak lupa, ia juga memperhatikan asupan gizi yang masuk ke tubuh, sembari menjalani aktivitas fisik./span>

Awalnya Amey mengira, agar dietnya berhasil, ia harus menghindari banyak makanan. Padahal gegara pemikiran seperti itu, Amey justru sempat gagal diet. Justru menurutnya, agar diet berhasil, harus dilakukan dengan 'enjoy' sembari tetap menjaga porsi makanan sehari-hari. Menurutnya, kunci keberhasilan diet adalah 80 persen atur pola makan dan 20 persen berolahraga.

"Dari dulu diet selalu gagal karena kurang sabar dan konsisten. Banyak pantangan nggak boleh makan ini itu, yang akhirnya berujung gagal, dan memutuskan di Januari mencoba diet santai bahwa diet merubah lifestyle, diet masih boleh makan atau minum apapun, diet harus enjoy-enjoy,"

"Aku makan dengan pola lima kali sehari, yang mana sarapan itu di jam 7 sampai 9, ada snack pagi jam 10 sampai 11, lunch 12 sampai 14, snack sore 15 sampai 16, dinner 18 sampai 19. Makanan yang aku makan tentu wajib memenuhi kebutuhan semua nutrisi," pungkasnya.

Dihubungi secara terpisah, binaragawan Ade Rai menjelaskan ada banyak faktor yang membuat seseorang kelebihan berat badan, bukan hanya nasi putih. Artinya, ketika seseorang ingin sukses menurunkan berat badan, ada banyak faktor yang mempengaruhi, bukan hanya perihal ada atau tidaknya asupan nasi putih.

Sebagai contoh, diet menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan lima strategi berupa puasa, kontrol asupan karbohidrat, prioritas asupan protein, bijaksana perihal asupan lemak, serta aktivitas fisik. Pun seseorang hanya menerapkan satu strategi, berat badannya akan tetap turun.

"Itu cuma satu kecil saja. Yang bikin kita gemuk itu banyak sekali. Satu, sering kita makan. Dua kebanyakan kita makan, makan apa? Makan tepung terigu dan turunannya seperti mie, kue, kerupuk, itu semua dia nggak makan tapi masih makan nasi,"

"Karena saya mengatur pola perilaku saya dengan saya puasa, saya mengontrol karbo, saya prioritas protein, saya rajin olahraga, memungkinkan saya makan nasi, padahal berat badan saya turun. Memungkinkan saya masih bisa makan nasi dong kalau saya rajin olahraga," pungkasnya.