Survei CPCS: Elektabilitas Prabowo-Gibran Lewati 50 Persen

Des 24, 2023

Berdasarkan survei terbaru dari Center for Political Communication Studies (CPCS), pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, telah mencapai dukungan lebih dari separuh responden.

Pasangan Prabowo-Gibran mendominasi peringkat pertama dengan keunggulan yang signifikan atas pesaing mereka, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dalam persaingan Pilpres 2024.

Menurut pernyataan dari peneliti senior CPCS, Hatta Binhudi pada Sabtu (23/12), dukungan untuk pasangan calon nomor urut 2 telah meningkat dari 50,3 persen pada bulan November menjadi 51,7 persen saat ini.

Pasangan calon nomor urut 1, Anies Cak Imin, berada di urutan kedua dengan dukungan sebesar 21,8 persen, sedangkan pasangan calon nomor urut 3, Ganjar-Mahfud, berada di peringkat terendah dengan dukungan sebesar 21,3 persen.

Dia menyatakan bahwa dukungan untuk Anies-Cak Imin mencapai 21,8 persen, hanya sedikit berbeda dengan pasangan Ganjar-Mahfud yang memiliki dukungan sebesar 21,3 persen.

Dia mengatakan bahwa Anies-Cak Imin memiliki dukungan sebesar 21,8 persen, hampir seimbang dengan pasangan Ganjar-Mahfud yang mendapat dukungan 21,3 persen.

Dukungan untuk pasangan AMIN mengalami kenaikan dari survei sebelumnya pada bulan Oktober yang mencapai 15,8 persen, sementara Ganjar-Mahfud mengalami penurunan dari hasil sebelumnya yang mencapai 30,6 persen.

Hatta mengindikasikan bahwa hasil survei tersebut memiliki potensi untuk meningkatkan kemungkinan bahwa Pilpres 2024 dapat selesai dalam satu putaran pemilihan.

Ia juga menyebut sisa waktu kampanye kurang dari dua bulan menjelang hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024. Survei CPCS dilakukan dari 7 hingga 14 Desember 2023 dengan partisipasi 1200 responden yang diwawancarai secara langsung. Metode survei menggunakan multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Hasil survei dari lembaga lain, seperti Litbang Kompas, juga menunjukkan urutan elektabilitas yang serupa.

Dalam hasil survei tersebut, pasangan Prabowo-Gibran memiliki elektabilitas sebesar 39,3 persen, diikuti oleh AMIN dengan 16,7 persen, dan Ganjar-Mahfud berada di posisi ketiga dengan 15,3 persen.

Survei dari Indikator Politik Indonesia menunjukkan sedikit perbedaan, di mana posisi AMIN dan Ganjar-Mahfud bertukar. Dalam survei tersebut, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 45,8 persen, Ganjar-Mahfud 25,6 persen, dan AMIN 22,8 persen.