Sholawat Bareng Emak-emak Jember, Gibran Wanti-wanti soal Hoaks

Jan 10, 2024

Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wakil presiden nomor urut 02, hadir dalam Apel Sholawat Kebangsaan di stadion Jember Sport Garden (JSG) di kecamatan Ajung. Kehadirannya disambut oleh banyaknya ibu-ibu yang telah menunggu cukup lama.

Gibran tiba di lokasi sekitar pukul 16.10 WIB, mengenakan kemeja berwarna telur asin dan berpeci. Ia datang bersama anggota DPRD Jatim, Muhammad Fawait, serta Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak.

Beberapa ibu-ibu bersorak memanggil nama Gibran sambil melambai-lambaikan tangan mereka. Mereka juga mengarahkan kamera ponsel mereka ke arah Gibran.

"Hampir bersamaan, teriakan 'Mas Gibran... Mas Gibran...'" terdengar dari sejumlah emak-emak pada Rabu (10/1/2024).

Sambil sesekali melambaikan tangan sebagai balasan untuk sapaan dari para emak-emak, Gibran juga menerima penghormatan sebagai anggota kehormatan dari Ormas Laskar Sholawat Nusantara (LSN). Presiden LSN, M Fawait atau yang akrab disapa Gus Fawait, yang melakukannya dengan memberikan kalungan syal kepada Gibran.

Dalam cuaca yang diguyur hujan dan disertai petir, Gibran memberikan pidato dan menegaskan pentingnya kewaspadaan terhadap fitnah dan berita palsu (hoaks).

Gibran memperingatkan tentang banyaknya berita hoaks dan fitnah, mengajukan sikap untuk tidak membalasnya. Dia menegaskan bahwa tidak perlu merespons fitnah dengan fitnah. "Kita cukup tersenyum saja," ujar Gibran pada Rabu (10/1/2024).

"Kita menolak menyebarkan fitnah dan menolak untuk diadu-domba. Berbeda pilihan itu tidak masalah, yang penting adalah semua orang, ayah dan ibu, hidup dalam kedamaian dan kesehatan," lanjutnya.

Gibran memberikan pesan terima kasih kepada puluhan ribu ibu yang telah setia menunggu kedatangannya dalam waktu yang cukup lama. Dia juga memberikan dorongan semangat agar tetap bersemangat dan termotivasi.

"Gibran mengucapkan terima kasih kepada penduduk Jember, tokoh-tokoh, serta anggota Laskar Sholawat Nusantara. Dia mengapresiasi semangat yang terus ditunjukkan oleh semua. Terima kasih, terima kasih," tutupnya.

Setelah pidato Gibran, Presiden Laskar Sholawat Nusantara (LSN) Gus Fawait melanjutkan dengan pidato singkat. Dia mengingatkan semua yang hadir untuk tidak melupakan pentingnya selalu membaca selawat.

"Gus Fawait memberikan pesan untuk hati-hati dalam perjalanan pulang dan mengucapkan terima kasih sambil mengingatkan untuk tidak melupakan membaca selawat," pesannya.