Setelah Pertemuan dengan Ganjar, Relawan Pendukung Jokowi Berubah Dukung Prabowo-Gibran

Nov 25, 2023

Setelah pertemuan dengan Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, Kelompok Relawan Benteng Jokowi (Bejo) justru memutuskan untuk menarik dukungannya dan beralih mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Umum Relawan Bejo, Jak Tumewan, mengatakan bahwa alih dukungan ini terjadi karena mereka mengalami penolakan langsung dari Ganjar saat bertemu di Makassar, Sulawesi Selatan, beberapa waktu yang lalu.

"Tatkala kami bertemu di Makassar, saya menyampaikan kepada Pak Ganjar bahwa kami memberikan dukungan penuh kepada beliau di 517 kabupaten/kota. Namun, saat itu Pak Ganjar dengan tegas menjawab bahwa Pak Joko Widodo tidak mendukungnya," ujar Tumewa kepada wartawan pada Jumat (24/11).

Penolakan tersebut mungkin terjadi karena adanya unsur yang terkait dengan Jokowi dalam nama kelompok relawan ini, yaitu Relawan Benteng Jokowi.

Dari situ, Tumewan dengan tegas menyatakan bahwa mereka tidak akan memberikan dukungan kepada pasangan Ganjar-Mahfud.

Setelah rapat dengan pimpinan DPN Benteng Jokowi, akhirnya kami memutuskan untuk mencabut dukungan. Keputusan itu telah kami sertakan dalam surat pencabutan dukungan resmi yang kami kirim ke TKRPP, PDIP, TPN, dan KPU. Sebagai bukti dukungan kepada Prabowo-Gibran, kami juga telah bertemu secara langsung dengan Gibran di Solo. Dalam pertemuan tersebut, Gibran merespons sikap kami dengan baik dan ramah.