Sebuah video yang menunjukkan Penjabat Bupati Muna Barat diduga melakukan kampanye untuk Calon Presiden dan Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia sedang beredar

Nov 17, 2023

Video yang menunjukkan Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri, diduga melakukan kampanye untuk Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo dan memperkenalkan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sulawesi Tenggara viral di media sosial pada Senin (13/11/2023).

Dalam rekaman berdurasi sekitar 51 detik, Bahri, yang mengenakan pakaian batik, memperkenalkan calon anggota DPD RI, La Ode Umar Bonte, kepada warga. Bahri menyebut La Ode Umar Bonte sebagai tokoh pemuda asal Muna yang berada di Jakarta dan juga sebagai ketua relawan pro Ganjar.

Saat dikonfirmasi, PJ Bupati Muna Barat, Bahri, tidak memberikan pernyataan dan tidak merespons permintaan tanggapan terkait dugaan dukungannya terhadap Bacapres dan caleg DPD RI.

Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyatakan akan mengambil sikap terkait video tersebut dan telah menelusurinya. Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Sultra, Bahari, menegaskan bahwa tugas Bawaslu adalah mengawasi netralitas aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri, termasuk pejabat daerah yang diisi oleh ASN.

Bahari mengingatkan bahwa pejabat negara, struktural, fungsional dalam jabatan negeri, dan kepala desa dilarang membuat keputusan atau melakukan tindakan yang dapat menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu selama masa kampanye. Bawaslu Sultra menegaskan komitmen untuk menjaga netralitas dan mensukseskan Pemilu 2024. Jika terbukti tidak netral, sanksi akan diberlakukan, termasuk kepada Pj Gubernur dan Pj Bupati.