Relawan yang Awalnya Mendukung Jokowi Beralih Dukung Prabowo-Gibran

Nov 25, 2023

Kelompok sukarelawan Benteng Jokowi (Bejo) secara formal memutuskan untuk beralih mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Jak Tumewan, Ketua Umum Sukarelawan Bejo, menyatakan bahwa setelah pertemuan dengan pasangan calon presiden yang sebelumnya mereka dukung di Makassar, mereka memutuskan untuk mengalihkan dukungan. Dalam pertemuan itu, nama Presiden Joko Widodo atau Jokowi masih terkait dengan sukarelawan Bejo.

"Saat di Makassar, saya bertemu dengan Pak Ganjar dan menyampaikan bahwa kami memberikan dukungan penuh kepada beliau di 517 kabupaten/kota," kata Tumewan kepada wartawan pada Jumat (24/11).

Tumewan dari sukarelawan Bejo mengakui bahwa mereka mengalami penolakan karena masih terkait dengan nama Jokowi.

Di sisi lain, Tumewan menyebut bahwa kehadiran sukarelawan Bejo dalam berbagai acara di berbagai daerah seperti Riau, Medan, dan Papua juga seringkali dihadapi dengan penolakan.

"Di Riau dan Medan, kami juga mengalami penolakan, dan baru-baru ini di Papua, saat sukarelawan Benteng Jokowi telah diatur, mereka tidak diterima dan digantikan oleh sukarelawan lain," ucapnya.

Oleh karena itu, Tumewan menyatakan bahwa dukungan tersebut secara formal telah dipindahkan kepada Prabowo-Gibran.

"Kami akhirnya harus mengambil keputusan, setelah rapat dengan seluruh pimpinan DPN Benteng Jokowi, untuk mencabut dukungan," ungkapnya.

"Insiden tersebut kami catat dalam surat resmi pencabutan dukungan kami. Kami juga telah mengirim surat ke TKRPP, PDIP, TPN, dan KPU," lanjutnya.

Tumewan mengatakan bahwa mereka telah menghadap langsung kepada Gibran di Solo. Dalam pertemuan tersebut, dia menyatakan bahwa Gibran merespons dengan baik terhadap keputusan sukarelawan Bejo untuk beralih dukungan.

"Surat dukungan kami telah kami kirimkan ke Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo dan Gibran. Selain itu, kami juga sudah melakukan pertemuan dan kunjungan ke Solo pada hari Selasa, di mana kami diterima oleh Gibran dengan sikap yang ramah," tambahnya.