Pemilu 2024, Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah Pastikan Netral

Feb 03, 2024

Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dan Perguruan Tinggi Aisyiyah (PTA) menegaskan sikap netral mereka dalam menghadapi Pemilu 2024. Dalam menghadapi situasi dan dinamika politik yang berkembang saat ini, PTM dan PTA menyatakan bahwa mereka tidak akan memihak kepada pasangan calon manapun.

"Dalam menghadapi perkembangan terkini, kami mengimbau Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah untuk bersikap netral. Kami melayani semua mahasiswa, baik dari kelompok 01, 02, maupun 03. Dosen-dosen dan pegawai kami juga berasal dari berbagai komunitas tersebut," ungkap Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Bambang Setiadi, yang bertanggung jawab mengkoordinasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah melalui tayangan video yang diterima pada Sabtu (3/2/2024).

Bambang mengimbau seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah untuk tidak mengeluarkan pernyataan yang bersifat memihak kepada pasangan calon tertentu. "Jika terpaksa membuat pernyataan, hendaknya bersifat umum, mendukung pemilu yang jujur dan tidak memihak. Monggo untuk dilakukan dengan bijak," ujarnya.

Dalam konteks ini, Bambang menekankan bahwa Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah berada di atas segala golongan. "Namun, harapannya adalah tidak ada penyisipan tema-tema yang berkaitan dengan pasangan calon tertentu. Hal ini bertujuan agar kami terlihat netral. Sekali lagi, Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah berdiri untuk semua, di atas semua golongan," tegasnya.