Menantu Gus Mus klarifikasi terkait pamflet MPR yang Viral

Nov 12, 2023

Keluarga Kiai Haji Ahmad Mustofa Bisri, atau Gus Mus, memberikan klarifikasi terkait pamflet yang viral yang menyebutkan adanya acara bertajuk Majelis Permusyawaratan Rembang (MPR). Pamflet tersebut menjelaskan bahwa acara ini akan membahas situasi terkini bangsa dan dijadwalkan berlangsung pada hari ini (12/11/2023) di kediaman Gus Mus. Pamflet juga menampilkan kartun atau animasi dari sejumlah tokoh penting, termasuk Gus Mus, Ibu Negara ke-4 Sinta Nuriyah Wahid, mantan Menteri Agama RI Lukman Hakim Syaifudin, Goenawan Mohammad, Nasaruddin Umar, dan tokoh lainnya.
Salah satu menantu Gus Mus, Wahyu Salvana, memberikan klarifikasi, menyatakan bahwa keluarga tidak mengetahui pamflet yang beredar tersebut. Awalnya, keluarga hanya menerima informasi bahwa beberapa tokoh lintas agama akan mengunjungi kediaman Gus Mus. Wahyu Salvana menjelaskan, "Perlu kami jelaskan, saya juga sudah didawuhi Abah. Abah itu tidak bikin acara itu, jadi flyer yang tersebar itu. Abah tidak mengundang nama-nama yang tertulis di flyer itu."
Wahyu menambahkan bahwa Gus Mus terkejut dengan kemunculan pamflet yang viral tersebut. Jika Gus Mus mengetahui pamflet tersebut lebih awal, ia tidak akan menyetujui adanya acara sebagaimana dijelaskan dalam pamflet. "Abah jelas kaget ketika ada flyer, itu begitu viral disebar di mana-mana Abah sangat-sangat kaget. Kalau flyer itu sudah tersebar jauh-jauh hari sebelumnya, Abah pun tidak akan berkenan. Di Leteh (Kediaman Gus Mus) ini tidak ada acara yang istimewa, apalagi yang menyangkut hal-hal yang tertulis seperti di flyer," ungkap Wahyu.
pamflet acara Majelis Permusyawaratan Rembang ini sudah banyak tersebar luas di media sosial WhatsApp.