Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIC) mendeteksi potensi pergantian Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung (Babel) akibat penolakan dukungan terhadap pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Hal ini mencuat meskipun diharapkan agar Aparatur Sipil Negara (ASN

Nov 17, 2023

Lembaga Indonesian Club (LIC) menerima informasi bahwa Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu, berpotensi digantikan oleh Syafrizal, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri. Rencananya, proses pergantian tersebut akan dilakukan pada Senin (13/11/2023) pukul 13.00 WIB, sebagaimana tercantum dalam surat undangan Nomor 100.2.1.3/6074/SJ.

Direktur Eksekutif LIC, Gigih Guntoro, menyampaikan keprihatinannya terkait kemungkinan pergantian tersebut. Gigih mengungkapkan kejutan atas informasi bahwa Suganda akan diganti karena meneguhkan sikap netralitas sebagai penjabat kepala daerah dalam menghadapi pemilu mendatang. Hal ini diungkapkan setelah utusan instansi intelijen dan Kemendagri datang kepada Suganda, meminta dukungan untuk pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Pemilu 2024. Namun, permintaan tersebut ditolak oleh Suganda yang mematuhi arahan Presiden Joko Widodo terkait netralitas ASN.

Gigih menyatakan keprihatinannya terkait potensi pergantian Pj Gubernur Babel, yang dianggapnya dapat melanggar Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, dan Penjabat Walikota. Ia menilai adanya dugaan keterlibatan dalam urusan politik praktis, dan mencatat bahwa pergantian tersebut dapat melanggar prosedur, administrasi, serta menunjukkan adanya aroma politik praktis menjelang pemilihan presiden.

Gigih menambahkan bahwa Suganda, selama menjabat selama 7 bulan di Babel, telah meraih beberapa penghargaan prestisius, termasuk Indonesia Award 2023 untuk program Gule Kabung. Program ini diakui karena berhasil melibatkan berbagai instansi pemerintah, Forkompida, stakeholder, dan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan bersama. Gigih mencatat prestasi lainnya yang diraih oleh Suganda, seperti penghargaan Program Indonesia Pintar dari Kemendikbud Ristek, indeks Pembangunan Pemuda tertinggi dari Kemenpora, dan dukungan dalam Gerakan Pembagian 10 juta bendera merah putih 2023 dari Kemendagri.