Legislator dari Partai Gerindra menolak usulan dari Trimedya Panjaitan, anggota Fraksi PDIP, terkait pembentukan Panitia Kerja (Panja), dengan alasan bahwa Polri sudah bersikap netral

Nov 15, 2023

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Gerindra, Wihadi Wiyanto, menolak usulan Trimedya Panjaitan dari Fraksi PDIP mengenai pembentukan Panitia Kerja (Panja) terkait netralitas Polri. Wihadi menyatakan bahwa Polri sudah menunjukkan sikap netral, dan dia merujuk pada jaminan netralitas yang diberikan oleh Kabaharkam Polri, Komjen Fadil Imran, selama rapat tersebut.

Wihadi mengungkapkan keyakinannya bahwa kinerja Polri perlu dijaga, dan ia mendesak agar tidak ada pihak yang menganggap dirinya sebagai korban dalam suatu peristiwa. Dia menekankan pentingnya mendukung Polri sebagai mitra tanpa membuat kesulitan bagi institusi tersebut.

Dia menolak usulan pembentukan Panja terkait netralitas Polri, dengan tegas menyatakan bahwa Polri sudah bersikap netral. Menurutnya, tidak perlu ada Panja terkait hal ini.

Sebelumnya, Trimedya Panjaitan mengusulkan pembentukan Panja terkait netralitas Polri, merujuk pada langkah serupa yang telah diambil oleh Komisi I DPR terkait TNI. Trimedya mengusulkan Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul sebagai ketua Panja tersebut, dengan memberikan sentilan humor terkait tugas pengawasan di Sumatera Utara.