Ketua Diklitbang Muhammadiyah Imbau Kampus Lembaganya Netral di Pemilu

Feb 03, 2024

Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diklitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Bambang Setiaji, telah mengeluarkan pernyataan sikap terkait Pemilu 2024. Bambang mengimbau seluruh perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah agar bersikap netral dalam menyikapi proses pemilihan tersebut.

"Melihat perkembangan terkini, kami mengimbau agar perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah tetap bersikap netral. Kami melayani mahasiswa dari kelompok 01, 02, dan 03, serta dosen dan pegawai dari berbagai komunitas tersebut," ujar Bambang dalam keterangan video yang dirilis pada Sabtu (3/2/2024).

Bambang menyatakan bahwa pihaknya memberikan izin kepada civitas academica untuk mengeluarkan pernyataan terkait pemilu. Namun, ia menegaskan bahwa pernyataan tersebut harus bersifat umum dan tidak memihak kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden manapun.

"Oleh karena itu, kami mengimbau perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah, jika terpaksa membuat pernyataan, hendaknya bersifat umum, mendukung pemilu yang jujur dan adil, serta tidak memihak. Silakan untuk dilakukan dengan bijak," ujar Bambang.

Bambang memperingatkan agar perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah tidak mengeluarkan pernyataan yang cenderung mendukung salah satu pasangan calon tertentu. Ia menegaskan bahwa perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah berdiri di atas segala golongan dan seharusnya tetap bersikap netral.

"Tapi hindari penyisipan tema-tema yang berkaitan dengan pasangan calon tertentu, agar tidak terkesan bahwa kita tidak netral. Sekali lagi, perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah berdiri di atas semua golongan," ungkapnya.