Habiburokhman berpendapat bahwa jika pihak yang berbicara dari Kepolisian tidak bersikap netral, kemungkinan besar kepentingannya akan terganggu

Nov 15, 2023

Wakil Ketua Komisi III DPR, Habiburokhman, merespons tuduhan bahwa Polri tidak netral. Menurutnya, pihak yang mengkritik netralitas Polri mungkin memiliki kepentingan yang terganggu.

Dalam rapat Komisi III DPR dengan Kabarhakam di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Rabu (15/11/2023), Habiburokhman menyatakan bahwa orang yang menyebut Polri tidak netral mungkin merasa terganggu karena adanya kepentingan tertentu atau persoalan lain.

Dia juga mencatat bahwa isu tersebut telah dibahas dalam rapat dan menyampaikan analogi tentang sikap politisi yang hanya bersuara keras ketika kepentingannya terganggu. Habiburokhman berpendapat bahwa setiap orang memiliki sudut pandang dan perspektifnya sendiri.

Habiburokhman menekankan bahwa cara terbaik bagi Polri agar dianggap netral adalah dengan menjalankan tugas sesuai dengan undang-undang. Menurutnya, menanggapi desakan untuk menunjukkan netralitas bisa menguras energi, dan yang terpenting adalah memastikan bahwa tindakan Polri sesuai dengan hukum yang berlaku.