Habib Rizieq Dukung Seruan Ijtima Ulama Menangkan Anies-Muhaimin di Pilpres 2024

Des 15, 2023

Habib Muhammad Rizieq Shihab, tokoh agama terkemuka, telah memberikan dukungan pada keputusan Ijtima Ulama yang mendorong seluruh rakyat Indonesia untuk berusaha memenangkan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar nomor urut 1 dalam Pemilu 2024 yang akan datang.

Azis Yanuar, Sekretaris SC Tim Ijtima Ulama, menyebut bahwa Habib Rizieq Shihab belum bisa memberikan pernyataan lebih lanjut mengenai penandatanganan pakta integritas yang direkomendasikan oleh Ijtima Ulama untuk pasangan Anies-Muhaimin (AMIN). Meskipun begitu, dia menegaskan bahwa Habib Rizieq telah menyadari informasi tersebut.

"Alhamdulillah, sudah mengetahui," ungkap Azis saat diwawancara oleh VIVA pada hari Kamis, tanggal 14 Desember 2023.

Dia menyatakan bahwa tanggapan Habib Rizieq sangat mendukung keputusan yang diambil oleh Ijtima Ulama terkait dukungan pada Pemilu Presiden 2024.

"Beliau dengan syukur menyerahkan hasil serta keputusannya kepada Tim Inti Ijtima Ulama sebagai perwakilan dari Ijtima Ulama, juga memberikan dukungan pada keputusan yang diambil oleh Ijtima Ulama," ungkapnya.

Sebelumnya dilaporkan, Tim Ijtima' Ulama telah memutuskan untuk memberikan dukungan pada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, yakni Anies Baswedan bersama Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam Pemilu Presiden 2024.

Azis Yanuar, Sekretaris SC Tim Ijtima Ulama, menyatakan bahwa Tim Ijtima Ulama telah mengumumkan kepada semua peserta Ijtima Ulama dan masyarakat umum bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, telah menandatangani pakta integritas berdasarkan hasil Ijtima Ulama dan tokoh nasional tahun 2023.

"Oleh karena itu, Tim Ijtima Ulama mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk berusaha maksimal guna mendukung kemenangan pasangan Nomor 1 AMIN dalam Pilpres 2024," ujar Azis dalam konfirmasi kepada VIVA pada tanggal 14 Desember 2023.

Pertemuan Ijtima Ulama dan tokoh nasional yang berlangsung di Kompleks Majelis Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Sabtu, 18 November 2023, telah menghasilkan kesepakatan terkait arah dukungan politik.

Sebagai hasilnya, Ijtima Ulama merekomendasikan pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (alias Cak Imin), untuk Pilpres 2024.

"Capres dan cawapres yang direkomendasikan adalah yang hadir, yakni Pak Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar," ujar anggota SC Ijtima Ulama Aziz Yanuar seperti yang dilaporkan pada Minggu, 19 November 2023.

Ijtima Ulama berencana mengirimkan dokumen pakta integritas yang terdiri dari 13 poin kepada pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Dokumen tersebut telah disepakati dalam pertemuan Ijtima Ulama di Kompleks Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Sabtu, 18 November 2023.

"Telah disetujui, ada pakta integritas dengan sekitar 13 poin yang akan dibawa oleh perwakilan. Dokumen tersebut akan diberikan kepada calon presiden dan wakil presiden yang direkomendasikan oleh Ijtima Ulama," ungkap Aziz Yanuar, Sekretaris SC Tim Ijtima Ulama, seperti yang dilaporkan pada Minggu, 19 November 2023.

Aziz mengungkapkan bahwa Ijtima Ulama akan memberikan dukungan sepenuhnya kepada Anies dan Cak Imin asalkan keduanya menyetujui pakta integritas yang telah disusun oleh para ulama, tokoh, dan berbagai lapisan masyarakat yang hadir dalam acara Ijtima Ulama.