Firli Bahuri, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), telah absen dari tiga kali panggilan pemeriksaan. Pada pemeriksaan terakhir, ia datang namun meninggalkan lokasi dengan wajah tertutup oleh tas hitam

Nov 17, 2023

Firli Bahuri, selaku Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), akhirnya menghadiri panggilan Polda Metro Jaya untuk pemeriksaan kedua terkait dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). Pemeriksaan ini berlangsung pada Kamis, 16 November 2023, setelah sebelumnya Firli telah mangkir dua kali.

Pertama kali Firli tidak hadir pada 20 Oktober 2023, dengan alasan jadwal yang padat dan perlu waktu untuk mempelajari materi pemeriksaan. Pada 7 November 2023, Firli kembali absen karena kegiatan Roadshow Hari Antikorupsi Sedunia di Aceh. Meskipun dijadwalkan ulang pada 14 November 2023, Firli sekali lagi tidak datang dan meminta agar pemeriksaan dilakukan di Mabes Polri.

Pada 16 November 2023, Firli akhirnya menghadiri pemeriksaan di Ditipidkor Bareskrim Mabes Polri. Saat meninggalkan lokasi setelah empat jam pemeriksaan, Firli menutupi wajahnya dengan tas hitam dan tidak memberikan keterangan kepada wartawan. Sebelumnya, Firli juga telah mengakui pertemuannya dengan SYL di GOR Tangki, Jakarta Barat, namun menyatakan bahwa foto pertemuan tersebut merupakan upaya koruptor untuk melakukan serangan balik terhadap KPK.