Cleo, produk minuman dalam kemasan, dikabarkan memiliki kaitan dengan Israel. Apakah Cleo terkait dengan AQUA, merek air minum dari Danone? Berikut adalah 12 merek air minum dalam kemasan lokal yang perlu diketahui

Nov 17, 2023

Cleo, sebuah produk air minum dalam kemasan, dipertanyakan apakah terkait dengan dukungan pro-Israel.

Apakah Cleo satu grup dengan AQUA, merek air minum dari Danone?

AQUA menjadi sasaran boikot karena terafiliasi dengan Danone, perusahaan yang disebut memiliki keterkaitan dengan Israel, yang tengah bersengketa dengan Palestina.

Namun, perusahaan Danone menyatakan bahwa mereka tidak memiliki afiliasi politik dan tidak beroperasi di Israel. Cleo diproduksi oleh TANOBEL, yang dimiliki oleh Hermanto Tanoko, dan tidak terafiliasi dengan AQUA atau Danone.

Seiring dengan seruan boikot produk pro-Israel, MUI mengeluarkan fatwa mendukung Palestina dan mengharamkan dukungan atau afiliasi dengan Israel, termasuk penggunaan produk pro-Israel.

Keputusan untuk melakukan boikot kembali pada individu masing-masing, dan beberapa merek air minum lokal dapat dijadikan sebagai alternatif, seperti Pelangi, "A" (PT Tirta Purbalingga Adijaya), Indomaret Air Mineral, Airku PDAM Kulon Progo (Alfamart), Alfamart Air Mineral, Pristine, Amidis, 2Tang, Ron 88, Al Ma'soem, dan Super 02.