Beredar Rekaman Abu Bakar Ba'asyir Dukung Anies-Muhaimin di Pilpres 2024

Jan 15, 2024

Rekaman suara Ustaz Abu Bakar Ba'asyir yang memendorong pasangan calon presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar tengah beredar luas di platform TikTok dengan akun @aniesvisioner.

Dalam rekaman suara tersebut, Abu Bakar Ba'asyir awalnya menekankan bahwa Pemilihan Presiden bukanlah tentang ideologi, tetapi merupakan alat atau sarana. Oleh karena itu, menurutnya, asalkan tujuan mengikuti pemilihan presiden adalah untuk membela Islam, hal tersebut dianggap diperbolehkan.

Berikutnya, Abu Bakar Ba'asyir menyatakan bahwa pasangan calon yang memiliki pemahaman Islam adalah pasangan calon nomor urut 1, yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Dukungan Ustaz Abu Bakar Ba'asyir kepada pasangan calon nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, telah dikonfirmasi oleh putranya, Abdul Rohim. Ia juga mengakui bahwa suara dalam rekaman tersebut memang berasal dari Abu Bakar Ba'asyir.

"Iya, memang benar," ucap Abdul Rohim yang biasa disapa Iim ketika dihubungi oleh wartawan kita pada hari Senin (15/1/2024).

Iim kemudian memberikan penjelasan mengenai alasan Abu Bakar Ba'asyir mendukung Anies-Muhaimin dalam Pemilihan Presiden 2024. Menurutnya, Abu Bakar Ba'asyir memberikan dukungan karena melihat Anies sebagai sosok yang dapat dipercaya untuk memimpin Indonesia.

"Iya, karena Abu Bakar Ba'asyir melihat bahwa di antara calon-calon yang ada, hanya pasangan calon nomor satu yang tampaknya bisa diandalkan untuk memimpin Indonesia ke depan. Itu adalah keyakinan beliau," ujar Abdul Rohim.

Lebih rinci, Abdul Rohim menyatakan bahwa Ustaz Abu Bakar Ba'asyir secara teratur mengikuti perkembangan isu-isu dan program-program politik yang diusung oleh para calon presiden.

"Iim menyatakan, setelah Abu Bakar Ba'asyir mengamati perkembangan isu-isu dan program-program politik dari para calon presiden," ucap Iim.

Iim menyatakan bahwa rekaman suara tersebut diambil sekitar seminggu yang lalu. Ia menjelaskan bahwa Abu Bakar Ba'asyir berbicara dalam rekaman tersebut sebagai respons terhadap pertanyaan yang diajukan kepadanya.

"Iya, itu adalah rekaman ketika ada jamaah yang bertanya kepada beliau. Kejadiannya sekitar seminggu yang lalu. Tidak terjadi dalam acara di pondok pesantren, melainkan hanya saat ada pertanyaan, bukan dalam suatu acara khusus," demikian penjelasan Iim.

Dalam rekaman video sekitar 01.41 menit, terdengar suara Ustaz Abu Bakar Ba'asyir menyatakan bahwa tujuan dari Pemilihan Presiden adalah untuk membela agama Islam.

Abu Bakar Ba'asyir menegaskan bahwa masyarakat seharusnya memilih seorang presiden yang memahami Islam. Beliau menyebutkan bahwa calon presiden yang sesuai dengan kriteria tersebut adalah pasangan calon nomor urut 01, yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.